10 Cara Mendidik Anak Agar Sadar Dengan Sopan Santun


10 cara mendidik anak agar sadar dengan sopan santun
Saat ini nilai sopan santun merupakan suatu hal yang mahal, dan saat ini hampir jarang untuk dilakukan oleh seorang anak. Bagaimana tidak seperti yang kita ketahui semakin berkembangnya era globalisasi sikap sopan santun anak akan semakin luntur dan semakin berkurang. Walaupun seringkali di sekolah telah diberikan pelajaran tentang sopan santun, namun hal seperti itu tidaklah seutuhnya bisa dilakukan oleh anak-anak. Maka dari itu sebagai seorang orang tua sangat penting sekali dalam mendidik anak kita, salah satunya dengan mendidik anak bersikap sopan santun. Dan untuk solusinya anda bisa melalui cara mendidik sopan santun pada anak, dengan beberapa cara di bawah ini.

Berikut 10 cara mendidik anak agar sadar dengan sopan santun:


1. Mulai sejak dini
mengajarkan anak sopan santun yang dimulai sejak dini akan bisa membuat anak  Terlatih untuk bersikap sopan santun. Tanamkanlah  sikap sopan santun di usia sekitar 2 atau 3 tahun agar bisa tertanam kuat di dalam benaknya.

2. Berikan contoh yang baik
 Contoh merupakan suatu nilai yang sangat berarti bagi seorang anak, tanpa adanya contoh anak tidak akan bisa melakukan sifat yang baik. Maka dari itu saat anda ingin mendidik anak agar sadar dengan sopan santun, Anda bisa mencontohkan  entah itu dari perkataan perbuatan  ataupun memberikan teladan yang baik bagi seorang anak.

3. Terimakasih, tolong dan maaf
Inilah tiga kunci dasar dalam bersikap sopan santun, dengan begitu biasakan di rumah untuk selalu berterima kasih saat anak mendapatkan  suatu hal, dan meminta tolong saat anak mendapatkan kesusahan, serta meminta maaf saat anda bersalah.

4. Belajar sambil bermain sandiwara
 Membuat anak bermain dengan peran itu dengan teman maupun kerabat sebaya akan bisa melatih sikap sopan santun mereka, dengan begitu sebaiknya anda ikut serta dalam memainkan sandiwara sambil mengajarkan anak tentang nilai sopan santun.

5. Melatih dengan konsisten
 Anak akan sering lupa tentang berbagai macam pengajaran yang hanya satu kali, maka dari itu untuk melatih anak agar bisa bersikap sopan santun Anda harus melatihnya dengan konsisten agar hal itu bisa tertanam di benak anak.

6. Ajarkan lewat cerita
Dengan bercerita anak akan bisa menelaaah nilai, sebab dengan rasa penasaran akan cerita yang telah kita bawakan, maka dari itu untuk mengajarkan anak bersikap sopan santun Anda bisa. melakukannya dengan melalui sebuah cerita

7. Jangan dijadikan bahan lelucon
Saat anak tidak bisa bersikap sopan jangan pernah menjadikan bahan lelucon, karena itu hanya akan membuat sulit untuk memahami arti sopan santun pada seorang anak, maka dari itu sebisa mungkin untuk anda tidak menjadikan sebuah lelucon saat anak telah berlatih melakukan sopan santun.

8. Beri anak perhatian
sikap anak akan baik saat ia menerima perhatian yang lebih, maka dari itu perhatikanlah buah hati anda walaupun Anda sesibuk mungkin, agar anak bisa terlatih dengan baik nilai yang bagus untuk dirinya seperti hanya sopan santun.

9. Beri pujian
 Saat anak berbuat salah maka ingatkan lah, dan beri pujian saat anak berbuat baik. dengan begitu akan melatih sikap motorik anak untuk selalu bersikap baik dan sopan agar ia bisa mendapatkan pujian dari anda.

10. Sabar dan Beri waktu
mengajarkan seorang anak agar bersikap sikap santun harus dilakukan dengan konsisten dan penuh kesabaran. Waktu untuk anak dalam bersikap seperti itu tidak sebentar, dan mungkin anak akan butuh waktu beberapa hari agar bisa berlatih untuk bersikap sopan santun. Maka kesabaran anda akan sangat dibutuhkan sekali untuk anak.

Demikian artikel kami mengenai 10 cara mendidik anak agar sadar dengan sopan santun. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Ditulis Oleh : Fitra ~ Dongeng dan cerita anak

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul 10 Cara Mendidik Anak Agar Sadar Dengan Sopan Santun yang ditulis oleh Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak

0 comments:

Post a Comment

Back to top