Mendidik Anak, Hindari 5 Ucapan Ini


Seringkali tanpa kita sadari berbagai macam ucapan yang telah kita lantunkan kepada anak akan  membuat anak  mendapatkan pendidikan yang fatal.Penting sekali buat anda ketahui jika apa yang telah diucapkan oleh orang tua sangatlah penting bagi seorang anak karena hal seperti itu nantinya akan bisa membentuk kehidupan dan masa depan Anda,  dan apapun yang telah diucapkan oleh orangtua pasti akan berguna bagi anaknya dan itulah mengapa terkadng anak akan mematuhi perkataan orang tua.

Mendidik Anak, Hindari 5 Ucapan Ini
Akan tetapi hal seperti ini tidak bisa diketahui oleh oleh orang tua. Sebab tidak sedikit juga orang tua yang telah mengucapkan berbagai macam hal yang salah dan tidak layak di dengar oleh seorang anak.  Dengan berbagai macam ucapan negatif tersebut sangat mempengaruhi terhadap perkembangan anak dengan begitu maka gunakanlah lalu berbagai macam bahasa yang baik ketika mendidik anak. Dan sebaiknya Anda menghindari 5 ucapan di bawah ini.

Berikut ucapan yang harus dihindari

1. Begitu saja tidak bisa!

Ucapan seperti ini merupakan suatu ucapan yang telah mewakili rasa frustasi orang tua terhadap anaknya,  saat anak tidak bisa melakukan sesuatu hal yang belum dimengertinya, dan seringkali ucapan seperti inilah yang membuat mental anak jatuh dan sulit untuk membuatnya memiliki prestasi tinggi. Dengan ucapkan seperti ini akan membuka daya pikir anak semakin rendah dan akan berakibat pada kurang mampu nya anak dalam mencerna berbagai macam bentuk informasi dan pengetahuan yang telah diberikan kepada guru di sekolahnya. Maka buat Anda orang tua Sukanya hindari ucapan seperti ini.

2. Jangan manja, kamu kan sudah besar!

Ada sebuah perbedaan yang telah membedakan antara anak yang merasa tidak mampu serta anak yang manja,  dan pastinya anda pun juga sudah mengetahui karakteristik dan kepribadian dari anak anda.  Dan putih sekali buat anda untuk memahami anak anda  serta saat anda ingin mengajarkan kemandirian pada anak sebaiknya jangan ucapkan perkataan tersebut.

3. Kamu ditinggal saja ya!

Seringkali ucapan seperti ini digunakan orang tua untuk mengancam anaknya,  akan tetapi penting sekali buat anda untuk tidak mengucapkan kata seperti ini.  Hal seperti ini bukanlah telah menjadi solusi untuk mengajarkan anak disiplin akan tetapi justru membuat anak tidak akan bisa membuat sebuah perencanaan.

4. minta maaf sana!

Mengajarkan anak untuk minta maaf saat mereka berbuat salah merupakan suatu hal yang baik, akan tetapi saat anda melakukan pendidikan seperti itu dengan cara yang salah akan membuat anak tidak bisa menerima apa yang telah anda katakan.  Yang sebelumnya hal ini agar bisa mengajarkan anak sedang santun tata krama dan etika dalam hidup namun justru akan memberikan anak tidak mampu untuk memperkuat perilaku sosial terhadap sesamanya.

5. kamu bicara apa sih!

Seorang anak kecil utamanya dengan tipe kepribadian sanguin akan merasa senang sekali bercerita tentang berbagai macam hal tentang apa yang telah dilakukannya seharian penuh, dan tentunya buat Anda orang tua yang baik pasti akan mendengarkan apa yang telah diutarakan oleh anak Anda Namun tak jarang orang tua  akan menganggap remeh apa yang dibicarakan oleh anak dan menganggap hal itu menjadi suatu hal yangm biasa.

 Itulah berbagai macam ucapan yang harus anda hindari untuk mendidik seorang anak. Seringkali ucapan perbuatan orang tua akan dapat dicontoh oleh anak maka berikanlah berbagai macam ucapan yang baik entah itu saat Anda berperilaku maupun saat anda berbicara dengan anak Anda agar anak bisa menerima apa yang telah anda bicarakan. Dan agar perilaku anak tidak bertolak belakang dengan apa yang ada.

Demikian artikel kami mengenai 5 ucapan yang mesti dihindari ketika mendidik anak. Semoga dapat bermanfaat dan terima ksih.



Ditulis Oleh : Fitra ~ Dongeng dan cerita anak

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Mendidik Anak, Hindari 5 Ucapan Ini yang ditulis oleh Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Back to top