Ini Bahaya Jika Beri Anak Hadiah


Ini Bahaya Jika Beri Anak Hadiah
Menciptakan suatu kesan kekeluargaan di dalam sebuah keluarga merupakan suatu keinginan bagi seorang orang tua khususnya untuk anaknya, dan seringkali untuk membuat anaknya bahagia orang tua akan  memberikan sebuah hadiah  agar anak merasakan sesuatu rasa senang dan gembira.  Apalagi saat anak ulang tahun seringkali mereka akan diberi hadiah pada saat tersebut,  Namun penting sekali buat Anda juga harus mengetahui jika hadiah tidak membentuk suatu perilaku yang baik bagi anak, tetapi malah sebaliknya semakin merusak perilaku anak.  Sebab hadiah yang telah anda berikan kepada anak maka dapat memicu perilaku yang tidak baik dan tidak disiplin yang seringkali disalah artikan oleh anak.

Ada beberapa dampak bahaya saat anda memberikan sebuah hadiah pada seorang anak,  berbagai macam tembak bahaya tersebut akan sangat terlihat saat anda terus-terusan memberikan sebuah hadiah pada anak anda.  Apalagi saat anda memberikan sebuah hadiah  yang tidak tepat untuk mereka pasti akan menimbulkan dampak terburuk bagi dirinya.  Apa sajakah berbagai macam dampak buruk dari hadiah tersebut? Anda bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Berikut berbagai dampak bahaya  dari hadiah untuk anak:

1. Hadiah biasanya dijanjikan sebelum perilaku yang diharapkan muncul

 Hal seperti inilah yang sering digunakan mengontrol atau memanipulasi anak,  hingga anak tidak akan bisa memahami dengan baik alasan mengapa perilaku baik harus biasa muncul pada dirinya. Apalagi saat seorang anak telah dijanjikan untuk diberi sebuah hadiah dan hak itu tidak ditepati maka anak akan cenderung memiliki sifat yang buruk.  Dan saat hal itu terus-terusan terjadi pada anak atau hal buruk tersebut akan bisa melekat pada diri seorang anak.

2. Hadiah sering dianggap global

 Dianggap Global disini yaitu hadiah hanya diberikan pada waktu tertentu saja dengan begitu anak akan merasa baik saat waktu tersebut,  hal itulah yang membuat seorang anak lain waktu baik dan lain waktu juga tidak baik. Hingga Ia pun akan melakukan berbagai macam cara agar bisa sering mendapatkan sebuah hadiah, maka dari itu sebaiknya Anda  jangan terlalu sering memberikan sebuah deh pada anak.

3.  Hadiah diberikan jika anak sukses dalam perilaku atau pencapaiannya

 Setiap perilakunya harus haruslah didampingi oleh orang tua  dan seringkali anda hanya memperhatikan hasil yang telah dicapai oleh anak, dengan seperti ini secara tidak sadar akan bisa mengajarkan anak memanipulasi orang tua  dan anak pun tidak bisa berperilaku dengan baik dan Ia hanya berperilaku dengan baik kepada orang tuanya saja.

4. Seringkali yang menentukan hadiah adalah orang tua

 Dan seringkali pasti yang menentukan hati adalah orang tua. Hal inilah yang menyebabkan ukuran keberhasilan perilaku sering tidak berimbang,  hadiah terbaik hanya untuk perilaku yang sudah dia kuasai atau bahkan sebaliknya,  dan ia pun tidak akan bisa mencapai suatu perilaku yang baik.

5.  Hadiah mengajarkan anak untuk fokus di luar dirinya

Cinta di saat ada memberikan sebuah ada dia tidak sadar jika hal ini akan dapat menyebabkan anak kesulitan untuk memahami rasa,  dan berakibat dari perbuatan baik yang kan menyenangkan di hatinya.  Maka dari itu orang tua haruslah perlu menjadi rasa dan emosi pada anak yang dapat menimbulkan rasa bermakna, percaya diri dan menghargai diri sendiri. Dengan itu akan membuat anak akan bisa mencapai keberhasilan dengan baik dan optimal.

Itulah berbagai macam dampak bahaya dari seringnya orang tua memberikan sebuah hadiah pada seorang anaknya, maka dari itu berikanlah hadiah pada anak saat anak benar-benar telah berperilaku baik  dan jangan terlalu sering memberikan hadiah pada anak dan lebih baik anda berikan lah berbagai macam pengetahuan maupun informasi yang akan bisa membuat anak menelaaah secara keseluruhan arti dari apa yang telah anda berikan tersebut.

Demikian artikel kami mengenai bahaya jika beri anak hadiah. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Ditulis Oleh : Fitra ~ Dongeng dan cerita anak

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Ini Bahaya Jika Beri Anak Hadiah yang ditulis oleh Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak

0 comments:

Post a Comment

Back to top